Nasi Tumpeng

Nasi Tumpeng
Tumpeng atau dikenal juga sebagai nasi tumpeng adalah salah satu makanan khas Indonesia yang mulai menglobal. Presentasi tumpeng yang unik menjadikannya salah satu presentasi kuliner yang diakui dunia. Konon tumpeng menjadi representasi alam Indonesia yang bergunung. Tumpeng dalam perjalannya diadopsi sebagai bagian dari prosesi keagamaan, namun kini representasi tumpeng lebih kepada keunikan, keindahan dan kelezatan khas Indonesia.

Beberapa Restoran di Eropa dan Amerika yang menjual Kuliner Indonesia juga dengan presentasi ala Tumpeng.

Tumpeng yang paling populer saat ini adalah Tumpeng Nasi Kuning dan Gudangan, Dinamakan Tumpeng Nasi kuning karena nasi tumpengnya berwarna kuning. Warna kuning tersebut merupakan dari pemakaian kunyit dan jeruk nipis untuk glosinya.

Untuk saat ini Tumpeng Nasi Kuning juga di presentasikan dalam bentuk Kotak maupun bentuk lainnya. Untuk mempercantik presentasinya maka pucuk tumpeng biasanya dipakaikan topi dari daun pisang. Lauk untuk Tumpeng Nasi Kuning dapat disesuaikan dengan selera pelanggan, namun demikian biasanya ada lauk ayam goreng, sambal goreng ati, telur rawis, perkedel, kering tempe, dan lain sebagainya.

Tumpeng Nasi Gudangan, dikenal karena lauk utamanya adalah gudangan atau dikenal juga sebagai urab dalam terminologi Sunda atau urap dalam terminologi Betawi/Jakarta. Tumpeng Gudangan populer karena adanya kerinduan terhadap makanan tradisional atau juga kerinduan terhadap masa lalu. Tumpeng Gudangan biasanya mewajibkan adanya Gudangan, dengan lauk utamanya Ikan Asin. Selain itu juga ada tempe, tahu, telur rebus, sambal dan yanglainnya. Tumpeng Gudangan sangat cocok untuk acara yang dihadiri oleh orang dewasa, selain melepas kangen akan masa lalu juga alternatif rasa dari makan moderen yang sudah menjadi menu sehari-hari.

Silahkan klik Tumpeng dan Foto Nasi Tumpeng untuk melihat pilhan tumpengnya atau Yuk makan Tumpeng.

No comments

You can be the first one to leave a comment.

Post a Comment